Etika Profesi yang Berhubungan dengan IT

Etika Profesi yang Berhubungan dengan IT

Etika Profesi yang Berhubungan dengan IT

Pada hakekatnya etika merupakan pandangan hidup yang dijadikan pedoman bagaimana seseorang itu berperilaku. Etika berasal dari kesadaran masing-masing yang dijadikan petunjuk bagaimana perbuatan yang baik itu ditentukan dan mana yang buruk.

Setiap profesi memiliki keahlian masing-masing atau keahlian khusus, seperti adanya suatu organisasi profesi dan kode etik di dalamnya, yang membuat etika menjadi alat untuk mengendalikan diri bagi setiap anggota profesi. Etika juga dapat berubah seiring berjalannya waktu dengan adanya pengaruh besar muncul diiringi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang pesat. Salah satunya adalah munculnya internet di zaman ini yang bisa menjadi penyalahgunaan oleh masyarakat sepertinya adanya istilah kejahatan cyber, pembajakan akun dan lainnya yang memiliki tujuan buruk.

Dengan munculnya internet pada zaman berkembang, maka perlu juga diiringi dengan pendidikan etika penggunaan sebagai profesional IT agar penggunanya memiliki kesadaran diri dan dapat memanfaatkan dengan tujuan positif. Munculnya perkembangan dalam dunia IT pastinya memiliki tujuan yang sama yaitu untuk mempermudah manusia dalam melakukan segala aktifitas yang berkaitan.

Dalam dunia IT banyak penggolongan yang ada, salah satunya terdapat berbagai macam profesi yang terkait. Apa profesi itu? Profesi merupakan suatu pekerjaan yang dilakukan oleh seseorang dimana berkaitan dengan keahlian khusus dalam bidang pekerjaan. Pastinya seseorang yang tergolong dalam profesi tersebut harus bersikap profesional. Profesional adalah seseorang yang mempunyai keyakinan dengan mengandalkan suatu keahlian yang dimilikinya untuk menjalankan profesi. Seseorang yang profesional pastinya memiliki ketentuan–ketentuan yang harus dimilikinya, seperti harus bertanggung jawab dalam melakukan profesinya, mampu mengendalikan diri dan mengontrol emosi saat bekerja, memiliki pengetahuan dan dapat menerapkan keahlian yang dimiliki, serta bisa memberi pengaruh kepada masyarakat dengan adanya profesi tersebut.

Ada yang memiliki fokus untuk berprofesi di dunia perangkat lunak (software), perangkat keras (hardware), operasional sistem operasi dan lainnya. Bahkan setelah terbagi di beberapa fokus profesi itu masih saja bercabang jenis profesinya, seperti yang memiliki fokus dalam software terdapat jenis pekerjaan sebagai programmer yang dimana dapat membuat suatu program dengan mengimplementasikan rancangan dari sistem analisis, web development yang membuat suatu program dengan berfokus dalam bentuk web, web designer yang melakukan studi kelayakan dan membuat suatu desain agar nantinya dapat di implementasikan, analysis system yang membuat suatu analisa dan membuat alur bagaimana jalannya suatu program nanti, dan masih banyak lagi.

 

oemahbeling

See all posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are makes.

Open chat
Halo
Ada Yang Bisa Dibantu