Pemanfaatan Teknologi dan Informasi di Masa Pandemi

Pemanfaatan Teknologi dan Informasi di Masa Pandemi

Pemanfaatan Teknologi dan Informasi Dimasa Pandemi

Pandemi membawa perubahan pesat di berbagai bidang kehidupan, termasuk pendidikan, memaksa setiap orang untuk belajar secara adaptif, salah satunya melalui instrumen teknologi digital. Ada percepatan luar biasa dalam penggunaan teknologi digital dalam pendidikan selama pandemi.

Untuk itu, teknologi diangkat sebagai salah satu isu prioritas dalam forum G20 tahun 2022 tentang Pendidikan dan Kebudayaan. zaman modernisasi ini, teknologi telah berkembang dengan pesat.

Teknologi digunakan oleh manusia diberbagai aspek kehidupan dqn di berbagai situasi kehidupan seperti situasi negara kita sekarang yang dilanda pandemi COVID 19 dan bahkan hampir melanda semua negara di dunia.

Sehingga dalam pelaksaanan belajar mengajar mengalami kendala, dikarena memenuhi protokol kesehatan agar berkurangnya virus covid-19. Sehingga dalam pembelajaran yang semesti dilakukan secara tatap muka dikarena pandemi harus dilakukan secara online.

Selain itu juga Penerapan teknologi pendidikan dalam proses pembelajaran dimaksudkan agar belajar lebih efektif, efisien, bermakna bagi kehidupan orang belajar.

Oleh karena itu, ada produk yang sengaja dibuat, dan ada ditemukannya serta dimanfaatkannya, melalui perkembangan teknologi komunikasi dan informasi yang sangat masif akhir-akhir ini, telah menawarkan sejumlah kemungkinan yang semula tidak terbayangkan dapat membalik cara berfikir banyak orang dengan mengambil manfaat teknologi tersebut diantaranya adalah: untuk mengatasi masalah belajar atau perkuliahan online di masa pandemi COVID-19.

Dalam hal ini sangat diperlukan kecerdasan bagi pendidik dan peserta didik untuk mengatur strategi pembelajaran mengingat metode pembelajaran kovensional atau tatap muka tidak bisa dilaksanakan.

Dalam perkuliahan online dapat diterapkan beberapa sistem diantaranya:

  • E-learning, Salah satu sarana perkuliahan yang menyediakan berbagai fitur atau tampilan icon yang dapat digunakan untuk mengakses materi, tugas dan project dari dosen yang bersangkutan.
  • Classroom,  memungkinkan para guru untuk mengatur dan menilai progres murid-muridnya sambil tetap terhubung dari mana pun juga. Sehingga pemanfaatan classroom berguna selama belajar mengajar secara online.
  • Zoom, Aplikasi ini biasanya digunakan untuk melakukan tatap muka secara jarak jauh dengan jumlah peserta yang cukup banyak.
  • Blended Learning, Kemudahan pembelajaran yang menggabungkan berbagai cara penyampaian, model pengajaran, dan gaya pembelajaran, memperkenalkan berbagai pilihan media dialog antara fasilitator dengan orang yang mendapat pengajaran.

Sebenarnya masih Ada banyak model pembelajaran yang dapat dipilih guru, misalnya model pembelajaran berbasis proyek (project–based learning, PjBL), pembelajaran berbasis pengalaman (Experiential Learning), pembelajaran berbasis masalah (problem–based learning), model flipped-peerlearning, meaningful learning, dan masih banyak lagi lainnya.

 

oemahbeling

See all posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are makes.

Open chat
Halo
Ada Yang Bisa Dibantu