Apa Itu Laravel?

Apa Itu Laravel?

Laravel adalah framework berbasis bahasa pemrograman PHP yang bisa digunakan untuk membantu proses pengembangan sebuah website agar lebih maksimal. Dengan menggunakan Laravel, website yang dihasilkan akan lebih dinamis. Kehadiran framework Laravel menjadikan bahasa pemrograman PHP menjadi lebih powerfulPerlu kita ketahui bahwa kehadiran framework Laravel selalu menghadirkan fitur-fitur terbaru dibandingkan framework lainnya.

Framework Laravel menggunakan struktur MVC (Model View Controller). MVC merupakan model aplikasi yang memisahkan antara data dan tampilan berdasarkan komponen aplikasi. Dengan adanya model MVC, pengguna Laravel menjadi lebih mudah dalam mempelajari Laravel. Serta menjadikan proses pembuatan aplikasi berbasis website menjadi lebih cepat.

Laravel juga menyediakan fitur bawaan yang lengkap, salah satunya adalah fitur otentikasi. Framework yang satu ini cenderung berfokus pada level end-user. Di mana framework ini memiliki keunggulan pada kesederhanaannya, baik dalam sisi penulisan kode maupun tampilannya. Meskipun demikian, framework Laravel tetap dapat digunakan untuk membuat aplikasi berbasis website dengan fitur yang lengkap.

Karena keunggulan dan fleksibilitasnya dalam membantu proses pengembangan aplikasi berbasis website, banyak perusahaan dan pengembang yang memilih Laravel. Mulai dari perusahaan kecil, sampai perusahaan besar.

Fungsi Laravel

Sebagai framework yang memiliki fitur yang lengkap, Laravel berfungsi untuk membantu proses pembuatan website menjadi lebih maksimal. Selain itu, dengan menggunakan Laravel, perusahaan juga akan menghemat waktu dan biaya.  Hal ini karena nantinya hanya fitur yang sedang dibutuhkanlah yang akan dibuat. Sedangkan fitur yang belum dibutuhkan akan dibuat pada saat masa pengembangan website tersebut.

Fitur-Fitur pada Laravel

Banyak sekali fitur yang tersedia pada PHP Framework modern ini, Berikut ini fitur framework Laravel yang membedakan antara framework php ini dari framework lainnya. Apa saja fitur utama laravel?

  1. Dependency Management, Adalah sebuah fitur yang berguna untuk memahami fungsi wadah layanan (IoC) memungkin objek baru dihasilkan dengan pembalikan controller dan merupakan bagian inti untuk mempelajari aplikasi web modern.
  2. Modularity, adalah sejauh mana sebuah komponen aplikasi web dapat dipisahkan dan digabungkan kembali. Modularitas dapat membantu kamu untuk mempermudah proses update, Bukan hanya itu, Dalam membangun dan mengembangkan website, fitur ini memungkinkan kamu untuk menyempurnakan dan meningkatkan fungsionalitas dari web tersebut.
  3. Authentication, adalah bagian integral dari aplikasi web modern, Laravel menyediakan otentikasi di luar kotak, dengan menjalankan perintah sederhana. Kamu juga dapat membuat sebuah sistem yang otentikasinya berfungsi secara penuh dan proses konfigurasi otentikasi sudah berjalan secara otomatis.
  4. Caching, adalah sebuah teknik untuk menyimpan data di lokasi penyimpanan sementara dan dapat diambil dengan cepat saat dibutuhkan. Dalam laravel, hampir semua data caching berasal dari tampilan ke rute, Sehingga dapat mengurangi waktu pemrosesan dan meningkatkan kinerja.
  5. Routing, Routing Laravel dapat digunakan untuk membuat aplikasi yang tenang dengan mudah. Dalam framework ini semua request dipetakan dengan bantuan rute. Kamu juga dapat mengelompokkan rute, menamainya, menerapkan filter pada mereka dan mengikat data model Anda kepadanya.
  6. Restful Controller, Adalah sebuah fitur yang berfungsi memisahkan logika dalam melayani HTTP GET and POST. Kamu juga dapat membuat pengontrol sumber daya yang dapat digunakan untuk membuat CRUD dengan mudah.
  7. Testing and Debugging, Laravel hadir dengan menggunakan PHPUnit di luar kotak yang berfungsi untuk menguji aplikasi kamu. Framework ini dibangun dengan pengujian dalam pikiran sehingga mendukung pengujian dan debugging terlalu banyak.
  8. Template Engine, Blade adalah template engine Laravel, Blade berfungsi untuk menyediakan sejumlah fungsi pembantu untuk memformat data kamu dalam bentuk tampilan.
  9. Configuration Management Features, Dalam laravel semua file konfigurasi kamu disimpan di dalam direktori config, Kamu dapat mengubah setiap konfigurasi yang tersedia.
  10. Eloquent ORM, Laravel berbasis pada Eloquent ORM yang menyediakan dukungan untuk hampir semua mesin basis data. Fitur ini juga berfungsi untuk menjalankan berbagai operasi database di dalam website dan mendukung berbagai sistem database seperti MySQL dan SQLite.

Kelebihan Laravel

Bagi kamu yang belum pernah mencoba Laravel, berikut ini adalah beberapa kelebihan dari Laravel.

Template ringan

Kelebihan yang pertama adalah template yang ringan. Dengan kelebihan ini, developer menjadi terbantu dalam membuat website yang lebih powerful. Template yang disediakan juga bisa dicustom dengan model tampilan yang kita inginkan. Sehingga pengembang akan terbantu dari sisi efisiensi waktu pembuatan.

Library yang lengkap

Laravel menyediakan banyak library yang bisa digunakan secara gratis. Hal ini tentu akan sangat membantu proses pembuatan website. Terlebih jika website yang dibuat adalah website dengan fitur yang kompleks.

Menggunakan model MVC

MVC merupakan satu fitur yang juga sangat membantu pada saat pengembangan website. Dengan begitu website yang dihasilkan memiliki file yang tersusun dengan rapi. Hal ini akan mempermudah proses pengembangan website tersebut.

Tool artisan

Tool artisan merupakan salah satu keunggulan Laravel yang disukai penggunanya. Tool ini berfungsi agar website yang sedang dikembangkan dapat berinteraksi dengan framework lainnya dengan bantuan command line. Adanya tool ini membuat para pengembang menjadi lebih mudah dalam melakukan kegiatan antar framework tanpa hambatan.

Modul bersifat individu dan independen

Terdapat banyak modul library yang dapat digunakan dan bersifat individu. Selain itu, ada juga yang bersifat independen. Adanya modul-modul ini kemudian membuat aplikasi yang dihasilkan lebih powerful.

 

oemahbeling

See all posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are makes.

Open chat
Halo
Ada Yang Bisa Dibantu