Apa Itu Serangan Siber (Cyber Attack)?

Apa Itu Serangan Siber (Cyber Attack)?

Apa itu cyber attack atau serangan siber? Pernahkah kalian mendengar istilah cyber attack atau serangan siber?

 

Kalian tentu memanfaatkan internet setiap harinya namun di balik segala keuntungan yang dirasakan melalui kehadiran internet, kalian perlu lebih berhati-hati terhadap segala jenis ancaman dan tindak kejahatan yang dapat terjadi. Dan berikut merupakan apa saja hal-hal mengenai serangan siber atau cyber attack.

 

Apa Itu Serangan Siber (Cyber Attack)?
(sumber: imageio.forbes.com)

 

Apa Itu Cyber Attack?

Cyber attack atau serangan siber adalah segala upaya untuk mendapatkan akses tidak sah ke komputer, sistem komputasi, atau jaringan komputer dengan maksud untuk menyebabkan kerusakan. Selain menimbulkan berbagai kerusakan, cyber attack biasanya juga dilakukan untuk mencuri data penting yang tersimpan di dalam database cloud. Sederhananya, cyber attack merupakan tindakan kriminal yang dilakukan di dalam dunia digital.

 

Siapa yang Melakukan Cyber Attack?

Orang yang melakukan cyber attack biasa disebut sebagai hacker, walaupun istilah ini sebenarnya kurang tepat. Ada 2 istilah untuk membantu menjelaskan siapa yang melakukan cyber attack.

  1. Hacker : melakukan serangan siber untuk menguji tingkat keamanan suatu sistem tanpa bertujuan untuk merugikan target.
  2. Cracker : melakukan serangan siber untuk merugikan target dan menguntungkan diri sendiri.

 

Jadi dapat disimpulkan bahwa yang melakukan cyber attack atau serangan siber dengan tujuan merusak dan menguntungkan disi sendiri adalah cracker.

 

Mengapa Cyber Attack dapat Terjadi?

Cyber attack dirancang untuk menyebabkan kerusakan. Mereka dapat memiliki berbagai tujuan, yang meliputi sebagai berikut:

  1. Keuntungan Finansial. Sebagian besar serangan dunia maya saat ini, terutama terhadap entitas komersial, diluncurkan oleh para kriminal untuk keuntungan finansial. Serangan-serangan ini sering bertujuan untuk mencuri data sensitif, seperti nomor kartu kredit pelanggan atau informasi pribadi karyawan, yang kemudian digunakan oleh para kriminal untuk mengakses uang atau barang dengan menggunakan identitas korban.
  2. Gangguan dan Balas Dendam. Bad actors juga meluncurkan serangan khusus untuk menabur kekacauan, kebingungan, ketidakpuasan, frustrasi atau ketidakpercayaan. Mereka memiliki tujuan untuk mempermalukan entitas yang diserang atau merusak reputasi organisasi di depan umum. Serangan ini sering ditujukan pada entitas pemerintah tetapi juga dapat menyerang entitas komersial atau organisasi nirlaba.
  3. Cyberwarfare. Cyberwarfare adalah tindakan oleh negara atau organisasi internasional untuk menyerang dan berupaya merusak komputer atau jaringan informasi negara lain seperti, virus atau denial of service. Banyak negara atau pemerintahan yang mengakui atau dicurigai merancang dan melaksanakan serangan terhadap negara lain sebagai bagian dari perselisihan politik, ekonomi, dan sosial yang sedang berlangsung.

oemahbeling

See all posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are makes.

Open chat
Halo
Ada Yang Bisa Dibantu