Berbagai Jenis Pekerjaan di Dunia IT

Berbagai Jenis Pekerjaan di Dunia IT

            Pekerjaan bidang IT ( Teknologi Informasi ) merupakan salah satu bidang pekerjaan yang memiliki prospektif cerah untuk kamu tekuni. Saat ini teknologi terus berkembang dan ia telah memanfaatkan banyak jenis pekerjaan. Namun, teknologi juga menciptakan jenis pekerjaan baru yang tak bisa dibuat oleh robot ataupun kecerdasaan buatan (AI). Mengetahui pekerjaan bidang IT yang paling diminati dapat membantu kamu mempersiapkan diri untuk terjun ke industri dengan hard skill yang tepat. Di bawah ini adalah daftar pekerjaan teknologi yang paling banyak diminati dan pekerjaan teknologi terbaik untuk beberapa tahun mendatang.

1. Spesialis Kecerdasan Buatan

           Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan adalah bidang ilmu untuk membuat sistem komputer yang dapat berpikir, belajar, memecahkan masalah, dan mengerjakan suatu hal layaknya manusia.

           Untuk dapat melakukan berbagai hal tersebut, ia memerlukan banyak data yang nantinya digunakan sebagai dasar pengetahuan agar sistem dapat belajar lebih baik lagi. Dalam prosesnya, kecerdasan buatan akan belajar untuk pengetahuannya secara mandiri. Ia mempelajari pengalaman saat sistem yang digunakan oleh pengguna. Selain itu, ia juga diprogram untuk mengoreksi dirinya sendiri ketika melakukan suatu kesalahan.

Secara garis besar, AI dapat melakukan salah satu dari keempat faktor berikut.

  • Bertindak Manusiawi , sistem bertindak layaknya manusia.
  • Thinking Humanly , sistem dapat berpikir seperti manusia.
  • Berpikir Rasional , sistem dapat berpikir secara rasional.
  • Bertindak Rasional , sistem mampu bertindak secara rasional.

AI Specialist adalah seorang ahli pemrograman komputer yang salah satu kegiatan untuk mengkonfirmasi hipotesis. Pengecekan hipotesis ini bertujuan untuk menguji cara kerja pikiran manusia dengan simulasi kognitif.

2. Pengembang Back-End

           Agar mudah memahami back-end, kita berdiskusi terlebih dahulu mengenai Front-end keduanya adalah dua istilah yang sangat familier. Front-end merupakan bagian dari aplikasi yang terlihat dan digunakan langsung oleh pengguna ( end-user ). Orang yang menggeluti bidang ini disebut Front-end Developer. Aplikasi yang dibuat oleh Front-end Developer dapat berupa web, mobile native, desktop, atau platform lainnya.Di mana pun aplikasi berjalan, fokus utama seorang Front-end Developer adalah membangun aplikasi yang memiliki performa baik, mudah diakses, dan memiliki tampilan yang menarik.

            Selanjutnya, mari kita beralih ke pembahasan Back-end. Bagian belakang aplikasi yang bertanggung jawab sebagai bagian dari aplikasi yang bertanggung jawab untuk menyediakan kebutuhan yang tak langsung dilihat oleh pengguna (tidak langsung dengan pengguna), seperti bagaimana data mengelola pengguna, dan ditransaksikan secara aman. Itu semua bertujuan untuk mendukung aplikasi Front-end bekerja sesuai dengan fungsinya. Sosok yang menggeluti bidang ini disebut  Back-end Developer .

3. Pengembang Aplikasi Seluler

           Dari namanya kita bisa menebak bahwa Mobile Apps Developer merupakan orang yang mengembangkan aplikasi di smartphone kita. Pengembangan aplikasi mobile pada umumnya terbagi dari Android dan iOS secara  native  dan untuk  cross-platfrom  terdiri dari ReactNative, Ionic, Xamarin dan NativeScript. Teknologi yang digunakan untuk mengembangkan aplikasi Android  native  menggunakan bahasa pemograman Java atau Kotlin sedangkan Apple menggunakan Objective-C atau Swift. Sementara itu untuk  cross-platfrom menggunakan bahasa pemograman JavaScript untuk ReactNative, Ionic, dan NativeScript sedangkan Xamarin menggunakan C#. 

4.Pengembang Game dan Desainer Game

            Pengembang game merupakan salah satu pekerjaan yang menarik jika ingin berkarya dengan game. Untuk pengembangan game 3D menggunakan game engine seperti Unity, Unreal, dan Panda 3D. Pemograman JavaScript dan C# untuk Unity, Unreal menggunakan bahasa pemograman C++ dan Panda 3D menggunakan Python dan C++. Untuk pembaca yang tertarik membuat game 2D bisa menggunakan game engine seperti  Game Maker Studio 2, Unity, RenPy, ink  dan menggunakan bahasa pemograman seperti Python pada RenPy, Unity menggunakan JavaScript dan C#, Game Maker Studio 2 menggunakan  drag and drop interface  dan menggunakan bahasa pemograman mereka sendiri yang bernama  GML  ink menggunakan C# dan HTML.

          Selain pengembang game ada pula yang di kenal sebagai desainer game yang merancang sebuah permainan. Aturan tersebut merupakan di dalam game dan penjelasan, deskripsi lingkungan game tersebut, tujuan atau tujuan dari game tersebut, alur alur permainan dari game hingga merancang karakter tiap level dari sebuah game. Jadi Game Designer tidak menangani proses pembuatan visual dari game atau kode di dalam game. Tanggung jawab seorang desainer game sangat besar karena dia adalah orang yang harus merancang sebuah dokumen bernama Game Design Document (GDD). 

5. DBA (Data Dasar Administrasi)

          Jika kalian menyukai pekerjaan yang berhubungan dengan database maka DBA mungkin akan cocok karena perkerjaan ini bertanggung jawab atas mendefinisikan pola struktur database, mendefinisikan penyimpanan dan metode akses, serta memberikan hak akses pada pengguna untuk mengakses data. Skill yang harus dikuasai oleh dapat menggunakan beberapa DBMS sesuai kebutuhan seperti  MS Acces , SQL Server, Foxpro, Oracle DBMS, Paradox

6. Insinyur Keamanan

Jika perusahaan besar maka diperlukan pula orang khusus yang menangani masalah keamanan baik jaringan, sistem, maupun aplikasi. Menjadi tugas seorang insinyur keamanan memastikan bahwa semua berjalan baik dan melakukan beberapa hal seperti menkonfigurasi firewall, melakukan pentest, keamanan dan menjaga sehingga tidak terjadi serangan dari para peretas yang dapat menimbulkan kerugian bagi perusahaan. Tentunya kita harus memiliki keterampilan yang berhubungan dengan keamanan sistem, terbiasa dengan Linux dan bisa melakukan konfigurasi server, terbiasa menggunakan Tools pentest seperti Netsparker, Acunetix, Kali Linux, Wireshark. Security Engineer memiliki gaji rata-rata perbulannya sekitar 3,2 juta.

7. Analis Sistem

System Analyst biasa juga disebut analis yang memiliki tanggung jawab mendefinisikan kebutuhan pengguna, menyusun solusi yang efektif, dan mengawal masa transisi awal penggunaan sistem. Sistem analis dapat menjadi perantara atau penghubung antara perusahaan penjual perangkat lunak dengan organisasi tempat bekerja, dan bertanggung jawab atas analisis biaya pengembangan, proposal desain dan pengembangan, serta menentukan rentang waktu yang diperlukan. Untuk menjadi sistem analis bisa menampikan hasil analisa melalui berbagai macam alat seperti MS Excel, Visio dan mampu menggunakan bahasa pemograman agar dapat berkomunikasi dengan engineer baik di mobile maupun web. Rata-rata gaji sistem analis untuk yang berpengalaman sekitar 4 juta per bulan untuk staff junior.

8. Desainer UI/UX

           UI adalah bagaimana suatu produk yang kita buat terlihat seperti apa yang bisa dilihat oleh mata. Tujuan utama dari UI adalah menampilkan antarmuka  yang  memiliki keseragaman yang baik dari segi warna, tata letak, atau font. Sementara itu UX adalah proses untuk membuat produk yang telah kita buat menjadi mudah untuk digunakan dan tidak mencengangkan pengguna. Tanggung jawab seorang desainer UX adalah memastikan bahwa setiap langkah demi langkah berjalan dengan logistik dan keberangkatan. Untuk menjadi seorang desainer UI/UX kita harus terbiasa memilih perpaduan warna yang nyaman bagi pengguna dan harus detail untuk melihat hasil yang di pasarkan ke produksi baik dari sisi font, warna, gambar. Setiap bulannya UI/UX  juniorbisa mendapatkan gaji sekitar 4,5 juta perbulan.

oemahbeling

See all posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are makes.

Open chat
Halo
Ada Yang Bisa Dibantu