Ownership & Vulnerability

Ownership & Vulnerability

Buku besar individu (LEDGER) digunakan untuk pemeliharaan informasi tentang kepemilikan, yaitu setara dengan satu blockchain-data-struktur, menyimpan data terkait kepemilikan

  1. Buku besar individu disimpan di computer (node) dari system peer-to-peer
  2. Algoritma blockchain bertanggung jawab untuk membiarkan masing – masing node secara kolektif tiba pada suatu versi yang konsisten dari kepemilikan yang menjadi dasar putusan akhir
  3. Integritas dalam system ini adalah kemampuannya untuk membuat penyataan yang benar tentang kepemilikan.
  4. Kriptografi diperlukan untuk membuat sarana identitas yang dapat dipercaya, otentikasi, dan otoritas serta memastikan keamanan data.
  5. Masalah pengeluaran ganda adalah yang menonjol contoh integritas yang dilanggar dalam P2P terdistribusi system buku besar, dan blockchain-technology-suite adalah alat yang digunakan untuk menyelesaikannya.
  6. Pengeluaran ganda dapat merujuk pada :
  7. Masalah yang disebabkan oleh menyalin aset digital
  8. Masalah yang mungkin muncul di system P2P terdistribusi dari buku besar
  9. Contoh pelanggaran integritas dari system P2P terdistribusi

 

Secara sederhana mekanisme transaksi dalam blockchain dapat diilustrasikan pada gambar berikut ini.

Dengan sistem pencatatan transaksi yang demikian, terdistribusi dan terikat dalam rantai blok yang terenkripsi, membuat platform ini sangat aman. Dibutuhkan kemampuan yang luar biasa, untuk bisa meretas sistem ini.

Hambatan pertama ada pada blok transaksi yang terenkripsi. Untuk bisa meretas satu transaksi, berarti harus juga meretas blok transaksi sebelum dan sesudahnya. Itu artinya sama saja dia harus bisa meretas seluruh blok transaksi yang pernah tercatat, karena semuanya terkait satu dengan lainnya.

Kedua, dengan sistem pencatatan transaksi yang terdistribusi secara identik pada entah berapa banyak server di dunia ini, maka kalaupun bisa menaklukkan satu salinan blockchain, seorang peretas harus bisa juga mendapatkan verifikasi dari server penyedia salinan blockchain lainnya.

Karena itu platform blockchain ini memberikan tingkat keamanan yang luar biasa tinggi hingga ke level hampir mustahil diretas. Tapi disisi lain, semakin banyak transaksi yang terjadi, akan membutuhkan kemamuan dan sumberdaya komputasi yang semakin besar pula. Meskipun hal itu sudah disiasati oleh Satoshi Nakamoto dengan membuatnya sebagai sebuah sistem terdistribusi.

 

oemahbeling

See all posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are makes.

Open chat
Halo
Ada Yang Bisa Dibantu