Cara Cek Data Pribadi Bocor di Internet

Cara Cek Data Pribadi Bocor di Internet

Data pribadi adalah hal privasi yang harus dijaga sebaik mungkin. Namun, bagaimana jika ternyata data pribadi kalian bocor di internet? Jangan panik, cobalah cek kebocoran data pribadi di internet untuk mengetahui kebenarannya. Jika ternyata data pribadi kalian bocor, segera lakukan langkah-langkah pengamanan.

Karena saat ini sedang ramai munculnya kasus kebocoran data diri yang dilakukan oleh hacker yang menamai dirinya itu sebagai Bjorka. Beberapa data pribadi yang bocor itu seperti nama, NIK, email, kata sandi, alamat, hingga nomor ponsel. Hal ini menandakan bahwa data pribadi semakin tidak aman di era dunia digital. Untuk memastikan data aman atau sudah bocor ke tangan orang lain, kalian bisa mengakses sejumlah situs yang memberi layanan pemeriksaan data pribadi. Berikut merupakan cara cek data pribadi bocor di internet.

 

Periksa Data

Periksa Data
(sumber: periksadata.com)

Situs ini dibuat oleh Ethical Hacker Indonesia. Periksa Data berguna untuk memberikan solusi kepada publik agar dapat secara berkala memeriksa apakah publik turut menjadi korban kebocoran data atau tidak. Cara cek kebocoran data pribadi di internet menggunakan Periksa Data adalah dengan mengunjungu situs periksadata.com, lalu kalian tinggal isikan alamat e-mail saja. Setelah itu akan muncul apakah e-mail kalian menjadi korban peristiwa kebocoran data atau tidak. Jika e-mail kalian menjadi korban kebocoran data, pada halaman juga terdapat beberapa langkah selanjutnya untuk mengamankan alamat e-mail kalian.

Selain cek e-mail, kalian juga bisa mengecek data BPJS Kesehatan apakah mengalami kebocoran data atau tidak. Caranya dengan mengunjungi alamat website periksadata.com/bpjs. Lalu isikan nomor anggota BPJS kalian dan akan keluar hasilnya apakah data BPJS Kesehatan kalian bocor atau tidak.

 

Have I Been Pwned

haveibeenpwned
(sumber: haveibeenpwned.com)

Have I Been Pwned (HIBP) adalah situs populer yang sudah ada sejak lama. Situs ini mengumpulkan data-data yang berasal dari berbagai kejadian peretasan dan kalian bisa mengecek apakah email yang dipakai ada dalam database peretasan tersebut. Cara menggunakannya sama seperti situs periksadata.com, karena menggunakan sumber terbuka dari HaveiBeenPwned. Buka situs haveibeenpwned.com, masukkan email atau nomor ponsel kalian dan klik “pwned?”, tunggu proses selesai dan akan muncul keterangan soal kebocoran data pribadi kalian.

 

Avast

Avast
(sumber: avast.com/hackcheck)

Cara lain yang tak kalah mudah untuk cek kebocoran data pribadi di internet adalah dengan menggunakan Avast. Melalui situs keamanan lintas platform ini, kalian bisa mengecek kebocoran data pribadi di internet dengan mudah. Menggunakan Avast, kalian akan mendapatkan laporan berapa kali password email bocor. Avast juga menginformasikan email kalian bocor saat terhubung dengan situs apa saja, misalnya Gmail hingga berbagai layanan e-commerce. Caranya buka situs resmi Avast di avast.com/hackcheck, lalu masukkan email kalian di kolom yang sudah disediakan, selanjutnya klik “Check Now” dan kalian akan menerima hasilnya.

 

Firefox Monitor

monitor firefox
(sumber: monitor.firefox.com)

Jika kalian pengguna Mozilla Firefox, kalian bisa dengan mudah cek kebocoran data pribadi di internet menggunakan situs buatan mereka yang diberi nama Firefox Monitor. Caranya pun mudah dengan hanya memasukkan email pada situs monitor.firefox.com di browser kalian, lalu klik “Check for Breaches”. Nanti akan muncul di layar apakah data pribadi kalian bocor di internet atau tidak.

 

DeHashed

DeHashed
(sumber: dehashed.com)

DeHashed tidak hanya bisa memeriksa apakah email kalian bocor atau tidak. Situs DeHashed juga memungkinkan untuk mengetahui apakah identitas kalian muncul di daftar yang diretas. Selain itu juga kalian dapat melihat kata sandi kalian ada di daftar akun mana saja. Akan tetapi untuk akses yang lebih mudah, kalian harus berlangganan di situs dehashed.com.

oemahbeling

See all posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are makes.

Open chat
Halo
Ada Yang Bisa Dibantu