Cara Mencegah Serangan Siber (Cyber Attack)

Cara Mencegah Serangan Siber (Cyber Attack)

Serangan siber atau cyber attack adalah serangan untuk mengakses komputer tanpa izin. Serangan ini bertujuan untuk mengakses dokumen dalam sebuah perangkat, menghilangkan informasi, memanipulasi data, hingga menggunakan akun tanpa izin.

Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) mempublikasi laporan tahunan bertajuk “Monitoring Keamanan Siber” untuk tahun 2021. Dalam laporan itu, terungkap bahwa ada lebih dari 1,6 miliar atau tepatnya 1.637.973.022 anomali trafik atau serangan siber (cyber attack) yang terjadi di seluruh wilayah Indonesia sepanjang tahun 2021.

Tentunya dengan banyaknya kasus tentang serangan siber (cyber attack) di Indonesia ini membuat kita harus untuk selalu berhati-hati dalam berselancar di internet. Maka dari itu berikut adalah beberapa cara mencegah serangan siber (cyber attack).

Cara Mencegah Serangan Siber (Cyber Attack)
(sumber: s15543.pcdn.co)

Meng-Install Antivirus

Antivirus sangat penting untuk meningkatkan keamanan digital. Software antivirus profesional mampu mendeteksi virus dan malware sejak dini, serta mengambil langkah cepat untuk mencegah risiko yang lebih besar. Sesuatu yang tidak mungkin bisa kalian lakukan secara manual.

 

Backup Data secara Rutin

Untuk mengantisipasi kemungkinan terburuk, backup data adalah upaya yang harus kalian biasakan. Bayangkan jika OS atau data penting kalian terkena virus, malware, atau bahkan ransomware. Bagian mana yang paling merugikan?

Kalian masih bisa melakukan install ulang OS dan aplikasi, bahkan mengembalikan konfigurasi seperti sedia kala. Tapi data-data penting yang kalian simpan di sana akan hilang selamanya.

 

Pastikan Password Aman dan Terenkripsi

Saat ini ada begitu banyak situs online yang akan menyimpan informasi pribadi kalian (email, berbagai situs sosial media, situs-situs toko online yang mungkin meminta kalian untuk mendaftar sebagai membernya, dll). Oleh karena itu, amatlah penting bagi kita semua untuk melindungi informasi-informasi penting tersebut terutama sekali dengan cara menggunakan password yang baik dan kuat.

 

Jangan Klik Tautan Mencurigakan

Di media sosial banyak beredar informasi-informasi yang perlu kita cek ulang kebenarannya, dan jangan sembarang tergoda oleh tautan-tautan yang sebenarnya mencurigakan. Hal ini dilakukan untuk menghindari serangan phising yang meretas informasi seperti data akun dan data pribadi lainnya.

 

Melakukan Cyber Security

Cyber security adalah proses perlindungan sistem, data, jaringan, dan program dari ancaman atau serangan digital. Dalam cyber security ini terdapat beberapa elemen yang sangat dibutuhkan, seperti Application security, Information security, Network security dan lainnya, terutama untuk memastikan bahwa cyber security sudah benar-benar aman.

 

Menerapkan Zero Trust

Zero Trust adalah tindakan selalu mencurigai semua pihak tanpa terkecuali yang terkait dalam lingkup keamanan infrastruktur, mulai dari partner, karyawan hingga customers. Dengan tidak mempercayai siapa dan apa pun, diharapkan dapat menerapkan protokol keamanan yang lebih aman.

oemahbeling

See all posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are makes.

Open chat
Halo
Ada Yang Bisa Dibantu