Ciri-ciri Ponsel dan Laptop Terkena Virus

Ciri-ciri Ponsel dan Laptop Terkena Virus

Sudah tak terbilang lagi jumlah serangan siber di Indonesia apalagi di dunia. Seiring perkembangan teknologi, semakin beragam pula cara serta target dari serangan siber. Dan salah satu yang saat ini sering dijadikan sasaran adalah smartphone dan laptop. Ponsel dan laptop dapat dengan mudah terinfeksi virus atau malware. Keberadaan virus dan malware ini tentu akan sangat merugikan bagi pengguna ponsel dan laptop. Kinerja bisa menurun, dan yang lebih berbahaya, kalian bisa saja kehilangan data-data penting dari ponsel atau laptop.

Sering kali, kehadiran malware dan virus dalam ponsel atau laptop tidak disadari pengguna karena cara kerjanya yang berada di belakang layar dengan mengambil data sensitif dan rincian rahasia kepada pihak ketiga tanpa mengganggu fungsi pada aplikasi. Untuk itu, berikut merupakan ciri-ciri ponsel dan laptop yang terkena virus.

Ciri-ciri Ponsel dan Laptop Terkena Virus
(sumber: cellebrite.com)

Ponsel

1. Kuota Data Internet Cepat Habis

Jika kalian jarang melakukan kegiatan seperti membuka Instagram dalam waktu lama, swiping beranda TikTok untuk menemukan FYP terbaru, atau streaming film Netflix tapi kuota internet dirasa cepat habis, waspadalah. Bisa jadi ada virus atau malware yang terpasang pada ponsel kalian.

Pasalnya, virus atau malware bisa meretas sistem untuk kemudian mengirimkan data pribadi ponsel milik kalian menuju server yang sudah disiapkan peretas. Apesnya, proses pengiriman tersebut memanfaatkan data internet yang tersedia. Pada beberapa kasus, kalian akan menemukan keberadaan aplikasi yang tidak dikenal. Biasanya, aplikasi ini yang membuat memori internal jadi penuh.

 

2. Sering Muncul Iklan Pop-up

Biasanya, kita akan melihat menu pop-up sebagai bentuk pemberitahuan. Namun, saat smartphone terkena serangan virus, pop-up akan terus menerus muncul dan mengganggu. Biasanya, jenis iklan tersebut bakal muncul saat kalian mengakses website yang tidak resmi. Jika sampai kalian mengklik iklan pop-up tersebut, maka ada kemungkinan bahwa virus bisa mengakses perangkat ponsel milik kalian. Maka, mulai pertimbangkan jika kalian ingin mengakses website ilegal.

 

3. Orang-orang dalam Kontak Menerima Pesan Aneh

Dengan sistem tertentu, beberapa malware atau virus membuat ponsel kalian yang sudah terinfeksi mengirimkan berbagai pesan spam yang aneh dan tidak wajar. Biasanya, pesan-pesan ini bisa berupa link atau pranala halaman ke situs tertentu yang berisiko tidak aman dan berbahaya.

Hal ini terjadi karena malware bisa membuka akses peretas terhadap berbagai informasi, termasuk kontak pada ponsel dan variasi mediumnya bisa dari chat WhatsApp, SMS, hingga email dan akun media sosial. Untuk mengatasinya, kalian bisa segera mengganti kata sandi serta segera melakukan pemindaian virus dan malware untuk semua perangkat.

 

Laptop

1. Pop-Up yang Tidak Terduga

Hampir sama seperti ponsel, yaitu dengan munculnya iklan pop-up pada layar yang tidak terduga adalah salah satu ciri-ciri laptop terkena virus yang khas. Tidak hanya mengganggu, malware lain mungkin juga bersembunyi dan bersiap untuk menambah gangguan pada laptop kalian.

Dan yang terpenting adalah jangan pernah mengklik pop-up yang mencurigakan, bahkan jika dikatakan ‘virus terdeteksi’. Ini adalah contoh rogueware, yang meminta kalian untuk membayar sebuah program untuk menghapus virus palsu, yang pada kenyataannya bisa mengirim lebih banyak malware pada laptop kalian.

 

2. Kinerja Laptop Melambat

Kinerja laptop yang melambat bisa menjadi ciri-ciri laptop terkena virus. Jika laptop kalian membutuhkan waktu lebih lama dari biasanya untuk memulai suatu program, atau perlu waktu yang lama untuk membukanya, maka bisa jadi laptop kalian sedang terinfeksi virus. Jika kinerja laptop kalian menjadi lebih lamban, periksa terlebih dahulu apakah ada permasalahan pada memori RAM atau ruang hard disk. Jika tidak ada, maka pelakunya bisa saja adalah virus.

 

3. File Menghilang

Ciri-ciri laptop terkena virus yang berikutnya adalah file di dalam laptop tiba-tiba menghilang. Beberapa virus atau malware dapat menyebabkan masalah dengan menghapus file dan program atau mungkin juga memindahkannya. Beberapa orang juga dapat mengenkripsi file kalian sehingga tidak dapat membukanya. Salah satu cara yang bisa kalian lakukan untuk mengantisipasinya adalah dengan mem-backup data penting secara berkala sehingga tidak perlu khawatir data kalian akan hilang.

 

4. Antivirus Tidak Aktif

Ciri-ciri laptop terkena virus yang terakhir yaitu ketika kalian kesulitan untuk mengaktifkan program antivirus. Ada beberapa virus yang memang dirancang untuk menonaktifkan sistem antivirus pada laptop kalian. Jadi, jika kalian tidak dapat membuka atau menginstal program antivirus atau firewall pada laptop, bisa jadi perangkat kalian telah terinfeksi oleh virus.

oemahbeling

See all posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are makes.

Open chat
Halo
Ada Yang Bisa Dibantu