Peran Teknologi Informasi di Zaman Milenial

Peran Teknologi Informasi di Zaman Milenial

          Kaum milenial merupakan generasi yang memiliki kemampuan, memiliki semangat yang tinggi dan memiliki pengetahuan yang lebih luas untuk mengembangkan, meningkatkan dan memajukan Negara. Bahkan untuk mencapai sebuah revolusi dari suatu bangsa biasanya digerakkan oleh kaum milenial di Indonesia. Dengan adanya perkembangan zaman yang memajukan teknologi digital di Indonesia, membuat kaum milenial semakin membara untuk memanfaatkannya. Teknologi digital sendiri memiliki fungsi dan manfaat yang dapat dirasakan oleh masyarakat khusunya kaum milenial di Indonesia. beberapa fungsi dan manfaat diantaranya adalah untuk membantu pekerjaan dalam membuat, mengubah, menyimpan, menyampaikan informasi dan menyebarluaskan informasi secara cepat dan berkualitas serta efisien.

           Pada era digital saat ini, kaum milenial di Indonesia manfaatkan teknologi digital pada bidang telekomunikasi. Tercatat melalui riset yang dilansir oleh wearesocial.sg bahwa pada tahun 2017 terdapat 132 juta pengguna internet di Indonesia dengan angka pertumbuhan sebanyak 51% hanya dalam setahun. Pada saat ini semua masyarakat khususnya kaum milenial di Indonesia bertelekomunikasi dengan menggunakan alat yang canggih secara cepat dan mudah. Tidak hanya itu, membuat konten digital dengan mudah dapat dilakukan oleh kaum milenial di Indonesia dengan melalui berbagai macam platform digital seperti situs web, blog, hingga media sosial dengan menggunakan berbagai macam alat dari teknologi digital seperti komputer, laptop, hingga telepon genggam atau Smartphone.

            Bisa dilihat pada masa kini atau yang diisebut dengan zaman milenial peranan teknologi informasi sangat dibutuhkan dalam kehidupan manusia, semua keperluan hidup manusia dapat ditemukan melalui teknologi informasi, terutama internet. Dizaman milineal ini kita sangat tidak bisa dipisahkan dari yang namanya internet. Bahkan internet sudah dijadikan gaya hidup, orang yang tidak menggunakan internet akan menjadi orang yang kudet atau kurang update mengenai informasi-informasi terbaru.

              Sekarang ini juga pemanfaatan internet sudahlah meluas terutama dalam komunikasi, sekarang untuk berkomunikasi dengan orang lain saja sudah bisa dilakukan melalui internet, seperti melalui Facebook, whatsup, line, google duo, dll. Yang dulunya hanya dapat berkomunikasi melalui telepon yang hanya dapat mendegar suara, sekarang bisa berkomukasi yang dapat mendengar suara dan melihat wajah orang yang dituju. Dari internet ini juga kita dapat bertukar informasi dengan orang lain namun, kita sebagai penikmat internet harus pandai dalam mengambil kesimpulan dari sebuah informasi, jangan langsung percaya dengan informasi-informasi yang ada diinternet, karna itu dapat berdampak buruk bagi diri kita. Tidak hanya itu, manusia sekarang ini suka dengan yang serba praktis, dengan duduk di rumah apa saja yang diinginkan dapat dipesan secara online. Seperti aplikasi-aplikasi yang banyak bermunculan sekarang ini yang menyediakan jasa seperti, jasa pengantar makanan yang dipesan secara online, jasa ojek online, pemesanan barang yang dipesan secara online, semuanya serba online.

               Dalam dunia pendidikan  juga dimanfaatkan oleh kaum milenial di Indonesia. Penggunaan alat canggih seperti Komputer dan Smartphone sangat membantu kaum milenial dalam mendapatkan sumber informasi mengenai pembelajaran melalui beberapa aplikasi pendukung yang berhubungan dengan dunia pendidikan di Indonesia. Tidak hanya itu, kaum milenial juga dapat mengakses materi pembelajaran dari luar negeri dengan membuka beberapa situs web khusus yang ada di internet. Kemudian kaum milenial juga memanfaatkan teknologi digital ini sebagai sarana untuk meningkatkan motivasi dan minat belajar khususnya dalam pendidikan dan teknologi.

            Dalam dunia perbankan  juga dimanfaatkan oleh kaum milenial. Dengan adanya perkembangan zaman yang membuat teknologi digital di Indonesia semakin meningkat, perbankan di Indonesia juga dibuat semakin canggih. Dengan adanya teknologi mesin ATM, semua nasabah termasuk kaum milenial bisa dengan mudah menarik uang tabungan mereka. Tidak hanya itu, perkembangan teknologi digital juga telah menciptakan teknologi M-Banking sehingga memudahkan masyarakat khususnya kaum milenial untuk bertransaksi atau mengatur keuangan mereka di bank.

             Kemudian, pemanfaatan teknologi pada dunia pekerjaan  juga mereka rasakan. Dengan adanya inovasi yang ada pada teknologi digital, sangat memudahkan pekerjaan masyarakat Indonesia khususnya kaum milenial. Contohnya di dunia bisnis yang memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan produk atau jasa. Tidak hanya itu, penggunaan E-commerce juga digunakan oleh masyarakat khususnya kaum milenial untuk melakukan jual beli secara online dengan mudah dan cepat.

              Tidak hanya itu, pada beberapa bidang lainnya juga dirasakan dan dimanfaatkan oleh kaum milenial di Indonesia. Contohnya pada bidang kesehatan, dunia hobi, gaya hidup dan lain sebagainya. Peran teknologi informasi dan teknologi digital di Indonesia untuk kaum milenial ini tak luput dari media komputer, handphone, televisi dan perangkat elektronik lainnya. Oleh karena itu, peningkatan dan pengembangan teknologi harus terus dilakukan. Perubahaan – perubahan positif tentang teknologi digital di Indonesia akan selalu dinantikan oleh kaum milenial. Mengingat kaum milenial-lah yang akan menggunakan dan memanfaatkan teknologi tersebut dengan sangat baik.

 

 

 

oemahbeling

See all posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are makes.

Open chat
Halo
Ada Yang Bisa Dibantu