Rekomendasi Aplikasi Untuk Coding

Rekomendasi Aplikasi Untuk Coding

Seiring dengan berkembangnya industri digital di tanah air, coding adalah salah satu skill yang sangat dibutuhkan perusahaan. Oleh karena itu, tak heran kalau kini muncul begitu banyak sekolah yang secara khusus mengajarkan seluk-beluk tentang apa itu coding dan cara pemanfaatannya. Orang yang memiliki kemampuan coding, biasa disebut sebagai programmer atau developer. Mereka bekerja dengan cara menyusun rentetan kode yang disebut dengan istilah bahasa pemrograman. Susunan kode-kode tersebut, kemudian dapat digunakan menjadi software dalam berbagai bentuk.

Apa itu Coding?

Apa itu Coding dan Bagaimana Cara Kerjanya? - Windowsku

Seperti halnya manusia, komputer juga memiliki cara berkomunikasi. Bahasa yang dipakai oleh komputer bukanlah bahasa manusia, melainkan kode atau bahasa mesin. Struktur bahasa mesin sangat sederhana karena hanya terdiri dari dua angka, yakni digit 0 dan 1. Hal ini biasa disebut bentuk biner.

Kamu memang bisa saja memberi instruksi kepada komputer menggunakan bahasa mesin. Hanya saja, cara seperti ini sangat tidak praktis dan butuh waktu lama. Sebagai solusinya, lahirlah bahasa pemrograman yang memberi sarana untuk melakukan komunikasi dengan komputer jadi lebih mudah.

Dalam bahasa yang sederhana, coding adalah aktivitas yang dilakukan programmer untuk bisa melakukan komunikasi dengan komputer. Tanpa adanya coding dari programmer, komputer tidak bisa melakukan apa-apa, hanya berupa tumpukan besi biasa.

Rekomendasi Aplikasi Untuk Coding

1. Notepad++

Notepad++ review for windows | KELOMPOK P234 KKN UNSYIAH PERIODE X JANUARI 2016 GAMPONG PANJOE KEC. GLUMPANG TIGA KAB.PIDIE

https://notepad-plus-plus.org/

Mungkin kamu sudah sering mendengar aplikasi Notepad, di mana aplikasi tersebut sering kita gunakan untuk mengetik catatan-catatan penting dan disimpan ke dalam file.txt. Beda dengan Notepad biasa, Notepad++ merupakan aplikasi code editor yang mendukung berbagai macam bahasa pemrograman seperti C, C++, Java, dan HTML.

Aplikasi ini kami rekomendasikan karena proses pengaturannya yang tidak ribet dan fitur-fiturnya yang sudah lumayan lengkap. Proses mengakses file untuk dibaca dan ditulis dalam aplikasi ini juga sangatlah mudah. Lalu, aplikasi ini memiliki fitur auto-save dan kecepatan compile yang lumayan cepat. Tentunya hal ini dapat membantu programmer dalam mengecek apakah code mereka berjalan sesuai dengan ekspektasi atau tidak. Dengan fitur- fitur tersebut, aplikasi ini sempurna bagi para programmer pemula yang baru menginjakkan kaki mereka dalam ranah menulis code.

Sayangnya, aplikasi ini hanya dapat digunakan dalam OS Windows. Bagi Sobat Filemagz yang menggunakan platform lain seperti Mac, tenang saja, karena kami masih memiliki banyak rekomendasi editor lainnya untuk kamu.

2. Sublime Text

Sublime Text - Text Editing, Done Right

https://www.sublimetext.com/

Sublime Text merupakan aplikasi yang ditulis dalam C/C++ dan Python yang dirilis pada tahun 2008. Bahasa pemrograman yang dapat dibaca dan dijalankan dalam aplikasi ini adalah bahasa C, C++, dan Python. Aplikasi ini juga memiliki fitur yang dapat membantu kamu, yaitu terdapat fitur text highlight yang dapat memudahkan kamu melakukan debugging. Selain itu juga, terdapat fitur rekomendasi syntax yang akurat sehingga kamu tidak perlu repot mengetik dan menghafalkan syntax yang panjang.

Dengan adanya fitur fitur tersebut kecepatan dan efisiensi dalam menulis code juga dapat meningkat. Selain itu, aplikasi ini dapat digunakan dalam software lain seperti Mac dan Linux, lho! Sayangnya aplikasi ini masih belum memiliki fitur auto-save. Walaupun begitu, kamu tentunya dapat dengan mudah melakukan aksi tersebut dengan shortcut Ctrl+S di keyboard. Secara keseluruhan, aplikasi ini cocok untuk kamu yang ingin membuat program dalam bahasa C maupun Python.

3. Visual Studio Code

Temukan Ekstensi Visual Studio Code Terbaik - IDS Digital College

https://code.visualstudio.com

Visual Code Studio merupakan aplikasi coding yang dapat digunakan berbagai sistem operasi seperti WindowsLinux, dan macOS. Code editor ini dikembangkan oleh Microsoft. Visual Code Studio adalah software editor yang powerful, tetapi tetap ringan ketika digunakan. Visual Code Studio menggunakan berbagai jenis bahasa pemrograman seperti JavaJavaScriptGo, C++, dan lainnya. Visual Code Studio merupakan aplikasi coding terpopuler saat ini. Hal ini terbukti dari survei Stack Overflow, di mana software yang satu ini menduduki peringkat teratas dengan persentase pengguna 71.06%.

oemahbeling

See all posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are makes.

Open chat
Halo
Ada Yang Bisa Dibantu