Yuk Mengenal Apa Itu Software Engineering

Yuk Mengenal Apa Itu Software Engineering

Software engineering atau rekayasa perangkat lunak adalah sebuah proses yang dilakukan untuk mengembangkan sebuah perangkat lunak. Apa yang dimaksud dengan perangkat lunak? Perangkat lunak adalah data yang diformat dan disimpan secara digital. Sehingga wujudnya nggak bisa kita lihat begitu saja.

Software atau perangkat lunak adalah bagian-bagian dari teknologi yang nggak berwujud. Maksudnya gimana, Sob? Maksudnya, perangkat lunak adalah sesuatu yang tidak memiliki wujud fisik seperti perangkat keras. Wujud dari perangkat lunak hanya bisa kamu lihat dari hasil produknya saja. Contohnya adalah aplikasi. Aplikasi yang kamu gunakan di handphone atau laptop kamu adalah contoh dari perangkat lunak yang dikembangkan dalam proses software engineering.

Bisa kita simpulkan bahwa software engineering adalah sebuah proses untuk mengembangkan perangkat lunak yaitu data yang diformat dan disimpan secara digital. Contoh hasil atau karya dari software engineering adalah berbagai aplikasi yang kamu gunakan sehari-hari.

Skill apa saja yang dibutuhkan?

Ada beberapa hard skill dan soft skill yang diperlukan di dalam proses software engineering. Skill tersebut adalah:

  1. Kerja mandiri dan kerja sama dalam tim
  2. Kemampuan untuk melihat sesuatu secara mendetail
  3. Mampu berbahasa Inggris, minimal pasif
  4. Memahami bahasa pemrograman seperti C++, Java, dan bahasa pemrograman lainnya
  5. Mampu melakukan software testing dan debugging
  6. Memahami cara kerja agile

Enam skill tadi merupakan kemampuan dan keterampilan dasar yang wajib dikuasai oleh para software engineer. Keenam skill tadi menjadi bekal utama proses software engineering yang akan dilakukan.

Manfaat Software Engineering

Software Engineering memiliki manfaat dalam kontinuitas bisnis di semua sektor. Apa saja manfaat penggunaannya?

1. Mendukung kegiatan bisnis yang otomatisasi

Setiap sektor perusahaan memiliki alur kerjanya masing-masing. Namun, adanya bantuan teknologi dapat merampingkan segala aktivitas bisnis yang terotomatisasi oleh sistem. Hal ini biasa kita kenal sebagai office automation dan business automation.

Office automation berkaitan dengan monitoring kinerja karyawan atau fungsi HRM, seperti payroll, administrasi, dan absensi karyawan. Pada business automation, software ERP (Enterprise Resource Planning) sangat membantu proses procurementinventory, produksi, CRM (Customer Relational Management), dan keuangan.

2. Membentuk financial technology

Maksud dari financial technology adalah perusahaan mampu menerapkan kecanggihan teknologi pada bidang keuangan. Secara rinci, pengelolaan cashflow dan transaksi akan terpantau lewat pencatatan sistem.

Selain semua nominal terinput dengan baik, sistem ini menawarkan keakuratan laporan sehingga membantu Anda dalam mengawasi kondisi keuangan perusahaan. Bahkan Anda juga dapat mengontrol return of investment hingga mampu memperoleh target profit yang Anda inginkan.

oemahbeling

See all posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are makes.

Open chat
Halo
Ada Yang Bisa Dibantu